Widget HTML Atas

Cara Memasang Atau Menambah VGA

 Ingin Tahu Cara Tambah VGA di Laptop? 

Tips Berikut Bisa Membantu!  VGA (Video Graphic Array) adalah hardware yang berguna untuk meningkatkan kualitas tampilan pada layar PC atau laptop Anda. VGA penting bagi pekerja di bidang grafis dan para gamer untuk mendapatkan tampilan grafis tinggi yang dapat mendukung performa kerja. Gamers dan desainer grafis wajib memiliki VGA dengan spesifikasi yang tinggi. 


Fungsi VGA Pada Laptop Dan PC


VGA berfungsi untuk menampilkan dan meningkatkan kualitas grafis pada layar monitor PC atau laptop Anda. VGA juga berfungsi untuk menyimpan data dari hard disk dan menyediakan data untuk diproses oleh prosessor pada perangkat. Agar mendapatkan VGA dengan spesifikasi tinggi dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang unggul Anda dapat melakukan upgrade VGA pada PC. Namun bagaimana halnya dengan laptop?


Cara Tambah VGA Pada Laptop Mungkinkah?


VGA pada PC tidak sama dengan laptop. Anda dapat melakukan upgrade VGA pada PC karena perangkat ini memiliki tempat khusus untuk VGA. VGA yang sudah ada bisa langsung diganti dengan yang lebih unggul. Adapun VGA pada laptop menempel permanen pada mainboard dan sangat sulit dilepas. Artinya Anda tidak bisa melakukan upgrade VGA dengan cara yang sama seperti pada laptop. Lalu bagaimana cara tambah VGA pada laptop?


Cara Tambah VGA Pada Laptop Dengan VGA Eksternal


Sangat sulit bahkan bisa dikatakan Anda tidak bisa melakukan penggantian VGA pada laptop. Solusi yang paling gampang adalah mengganti laptop yang sudah dimiliki dengan yang baru dan memiliki spesifikasi VGA yang lebih tinggi. Para gamer yang ingin mendapatkan pengalaman bermain dengan tampilan grafis yang mumpuni setidaknya membutuhkan laptop dengan spesifikasi VGA tinggi seperti Asus ROG dan MSI.

Di pasaran, kedua jenis laptop ini di banderol dengan harga mulai 13 juta rupiah. Mengingat harga laptop yang cukup mahal, maka Anda bisa memikirkan solusi lain cara tambah VGA pada laptop menggunakan VGA eksternal. Penggunaan VGA internal dapat menjadi pilihan yang terbaik karena bujet yang dikeluarkan tidak sebanyak apabila Anda membeli laptop gaming baru.


Apabila spesifikasi laptop yang dimiliki minimal Intel Core i5 dan dibekali RAM 8GB, maka Anda bisa memasang ViDock Nano. VGA eksternal ini bisa didapat dengan harga sekitar 8-9 juta rupiah. ViDock Nano telah dilengkapi VGA Card eksternal serupa PC tipe MSI GeForce GTX660 dan power supply sebesar 200 watt. Anda bisa menghubungkan VGA eksternal ini ke laptop dan monitor sebagai output dari ViDock Nano.


Jika kurang puas dengan kinerja ViDock Nano, Anda bisa melakukan cara tambah VGA pada laptop menggunakan Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti. Perangkat ini adalah VGA eksternal yang sudah dilengkapi NVIDIA RTX 20 dan terbaru sangat mendukung permainan virtual reality. Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti hanya dapat dipasang pada laptop yang sudah dibekali port Thunderbolt 3.0.


Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti dibekali Thunderbolt 3 dan memiliki kecepatan transmisi sampai 40 Gbps. Memori Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti sebesar 11GB dengan 7680x4320 digital resolution. VGA eksternal Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti mampu bekerja optimal hingga 4 monitor. VGA eksternal ini memiliki kemampuan kerja yang mumpuni untuk menghadirkan pengalaman bermain yang menyenangkan.


Apabila Anda tertarik untuk menggunakan VGA eksternal Gigabyte Aorus RTX 2080 Ti, maka bersiaplah merogoh kocek sekitar 29 juta rupiah. Harga ini memang fantastis namun Anda pasti akan merasa puas dengan aneka kelebihan yang ditawarkannya. Jika merasa menggunakan VGA eksternal cukup memberatkan kantong, maka Anda bisa melakukan cara tambah VGA pada laptop dengan software.


Cara Tambah VGA Pada Laptop Dengan Software


Laptop dapat berjalan dengan lambat saat menjalankan program yang membutuhkan kualitas grafis tinggi. Hal ini bisa disebabkan karena kapasitas VGA yang kurang sehingga kinerja prosesor menjadi terhambat. Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja laptop adalah melakukan upgrade VGA dengan menggunakan bantuan software. Berikut akan dipaparkan beberapa caranya.


Anda bisa menggunakan program 3D Analyze sebagai VGA virtual yang bekerja dengan cara meminjam sebagian ruang memori RAM. Hal ini akan membantu kerja VGA menjadi lebih enteng sehingga prosesor dapat bekerja lebih cepat. Namun Anda harus memastikan bahwa kapasitas RAM yang dimiliki cukup lega. Bila ingin menggunakan software ini Anda bisa mengunduh dan menginstal 3D Analyze untuk digunakan di laptop.

IDAMT (Intel Display Adapter Management Tool) dapat digunakan sebagai cara tambah VGA pada laptop, namun khusus bagi VGA Intel. Cara kerja IDAMT sama dengan 3D Analyze, yaitu berbagi memori RAM ke VGA. Apabila kapasitas RAM pada laptop kurang memadai, Anda dapat dengan mudah menambahnya dengan melakukan upgrade fisik maupun menggunakan virtual memory.


Demikianlah beberapa cara tambah VGA pada laptop yang bisa dijelaskan pada artikel kali ini. Jika Anda memiliki bujet lebih, maka pemasangan VGA eksternal sangat direkomendasikan. Akan tetapi penggunaan software juga bisa dilakukan untuk mengatasi laptop agar tidak lambat meski menjalankan program yang membutuhkan grafis tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat.


No comments for "Cara Memasang Atau Menambah VGA"