Widget HTML Atas

Cara Mengatasi Gagal Booting Pada Laptop Mudah

 Begini Cara Atasi Gagal Booting Pada ketika Laptop. Bingung banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan, tetapi laptop mengalami masalah. Padahal, sudah dikejar waktu untuk merampungkan laporan, proposal, dan lainnya. Sudah coba untuk restart, namun tetap tidak mau masuk ke windows. Apa yang terjadi dengan laptop-nya? 



Mengalami masalah saat proses menyalakan laptop atau booting. Dalam bahasa Indonesia, istilah booting artinya pengebutan. Proses booting pada laptop yang beberapa orang anggap sebagai bentuk kedekatan komunikasi antara laptop dan pengguna. Jangan anggap remeh proses booting karena bagian utama bahkan penting dalam sistem komputer. 

Sebuah proses perjalanan penyalaan laptop awal hingga pengambilalihan sistem operasi secara penuh terhadap perangkat disebut proses booting. Suatu proses pemasukan arus listrik ke dalam peralatan laptop, sehingga dapat berkomunikasi dengan pengguna disebut juga booting. Nah, mesti tahu Cara Atasi Gagal Booting Pada Laptop


Lima jenis proses booting adalah cool booting, warm booting, soft booting, hard booting, dan rebooting. BIOS atau Basic Input Output System, yaitu Sebuah kode software yang tertanam pada sistem laptop, hal itu indentik dengan booting. BIOS berfungsi cukup penting karena memberikan informasi visual seketika pada waktu penyalaan komputer. 

Cara Atasi Gagal Booting, berikan akses ke perangkat keyboard sebagai kontroler ketika sistem operasi belum mengambil alih laptop ialah fungsi BIOS. Memberikan akses komunikasi secara low-level untuk beberapa hardware laptop. Laptop tidak dapat lakukan booting ditandai dengan layar pada laptop hanya berwarna hitam/blank, monitor berwarna biru/bluescreen. Laptop bisa menyala lalu mati sendiri.

Cara Atasi Gagal Booting Ketahui Dulu Penyebab Laptop Gagal Booting


Memahami laptop yang tidak bisa booting tentu akan lebih baik, sehingga ketika ada masalah yang sama dapat segera mengatasi. Dengan mengetahui penyebab laptop tidak bisa masuk ke windows. Maka, akan paham apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal itu. oleh karena itu, ketahui terlebih dulu penyebab gagal booting berikut ini : 


Terdeteksi Ada Virus

Tanpa diketahui virus bisa masuk dalam sistem operasi pada laptop. Masuknya virus tentu akan menimbulkan trouble pada laptop, sehingga kinerja laptop akan mengalami gangguan. Virus yang menyerang laptop dapat menyebabkan file-file hilang dan jika file yang hilang merupakan file penting sistem operasi, sudah pasti akan terjadi masalah. Diperlukan cara atasi gagal booting supaya laptop kembali normal.


Ada Masalah Pada Hardisk

Komponen penting dalam laptop salah satunya adalah hardisk yang bertugas menyimpan data secara permanen (data pengguna maupun data sistem operasi). Gagal booting ke windows bisa disebabkan hardisk mengalami masalah, membuat file sistem operasi ada yang corrupt, maka tidak dapat bekerja. dengan begitu, kinerja laptop lamban akibat hardisk tidak dapat membaca data. 


Mengalami Gagal Update 

Cara atasi gagal booting dengan update sebagai langkah untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi sebelumnya. Microsoft selalu berupaya supaya windows dapat bekerja dengan baik. Apabila mengalami gagal update bisa jadi ada file sistem operasi corrupt, sehingga laptop tidak bisa masuk ke windows. 


Install yang Salah

Kesalahan dalam melakukan instalasi aplikasi, kemungkinan sebelumnya mengalami masalah pada aplikasi tidak bisa diinstall pada laptop. Sehingga, mencari aplikasi versi lain di Google. Akan tetapi, harus hati-hati untuk mengunduh aplikasi dari Google untuk menghindari dan mengantisipasi ada sisipan virus. Jika, ada virus, maka dapat merusak file sistem operasi dan akibatkan gagal booting ke windows. 

Cara Atasi Gagal Booting Pada Laptop

Permasalahan yang sering membuat bingung ketika gagal melakukan booting ke windows. Padahal, membutuhkan laptop untuk membantu pekerjaan. Dengan gagal booting pasti menyulitkan dan tertundanya pekerjaan. Nah, sekarang tidak usah bingung sebab Cara atasi gagal booting pada laptop berikut ini akan membantu :


Lakukan Restart Ulang Laptop

Restart ulang laptop sebagai langkah awal untuk menangani gagal booting. Laptop stuck tidak bisa masuk windows, maka tombol restart tidak ada bisa dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del di Keyboard. Jika, tidak bisa dengan terpaksa harus memakai tombol power dengan tekan dan tahan tombol power hingga laptop mati. Lalu, tekan tombol power kembali untuk menghidupkan laptop. 


Mengecek Hardisk dan RAM

Cara atasi gagal booting dengan mengganti hardisk lama dengan yang baru, tetapi back up dulu file atau data penting pada laptop. Kemudian, untuk RAM coba dilepas lalu dibersihkan bagian kuning dengan hati-hati hingga bersih. Gagal booting bisa terjadi karena RAM kotor, setelah dibersihkan pasang kembali, lalu nyalakan laptop. Jika penyebab RAM kotor tentu booting bisa kembali. 

Lakukan Uninstall Aplikasi Asing, Scan Virus, dan Install Ulang Windows

Saat laptop tidak dapat masuk ke windows, maka lakukan penghapusan aplikasi dengan Safe Mode sebagi cara aman memperbaiki kerusakan sistem operasi. Begitu juga dengan scan virus melalui Safe Mode untuk kembali dapat masuk ke windows. Bisa juga dengan menginstall antivirus untuk mengatasi booting. Lakukan install ulang windows untuk mengembalikan sistem operasi. 

Nah, itulah beberapa cara atasi gagal booting pada laptop yang bisa dicoba. Dengan booting kembali normal, maka laptop dapat dipergunakan kembali dengan lancar. Tidak lupa untuk selalu update laptop supaya sistem operasi lebih baik lagi. Dengan demikian, laptop yang cepat dan lancar akan memudahkan pekerjaan. 


No comments for "Cara Mengatasi Gagal Booting Pada Laptop Mudah"