Widget HTML Atas

Cara Merawat Hp Agar Awet Dan Tahan Lama

 Sekarang hampir setiap orang telah memiliki ponsel, bahkan satu orang bisa memiliki hingga dua ponsel sekaligus. Ponsel bukan barang mewah melainkan kebutuhan utama untuk menunjang pekerjaan atau gaya hidup.

Terkadang sebuah ponsel bisa awet hingga bertahan-tahun, namun ada pula yang hanya dalam waktu setahun sudah rusak dan minta ganti lagi. Kerusakan pada handphone bisa diakibatkan oleh kelalaian pemakai, bukan hanya disebabkan oleh merk hp tersebut.



 Terlebih bila pemiliknya agak teledor.

Ada Beberapa Cara Merawat Hp Agar Awet Hingga Beberapa Tahun

 Semakin awet sebuah ponsel, semakin banyak pengeluaran yang bisa ditekan hingga bisa digunakan untuk keperluan lain. Harga sebuah smartphone tidak menjamin apakah ponsel tersebut akan awet karena ada beberapa faktor lain yang memengaruhi.


7 Cara Merawat Hp Agar Awet

Selain untuk keperluan pekerjaan setiap hari serta berkomunikasi. Ponsel juga memiliki fungsi untuk bermedia sosial, mencari informasi terbaru serta bantuan saat belajar. Karena itu saat performanya mulai menurun, siapa pun pasti merasa resah. Berikut beberapa cara merawat hp agar dan tidak mudah rusak.

Gunakan Changer Asli

Sering kali aktivitas di luar membuat Anda harus mengisi daya baterai menggunakan power bank, atau meminjam charger pada teman. Meski nampak sepele sebenarnya ini memiliki dampak yang kurang baik bagi ponsel Anda. Sebab terkadang kabelcharger pinjaman tidak cocok sepenuhnya dengan kepala charger Anda. 


Bila sering terjadi, maka berpotensi untuk merusak ponsel.

Sedang panas pada power bank juga memiliki dampak yang kurang bagus sebab dapat memicu kerusakan pada handphone. Namun bila terdesak, penggunaan power bank masih bisa ditoleransi hanya saja jangan dipergunakan terus menerus atau dalam jangka panjang. Memakai charger asli adalah salah satu cara merawat hp agar awet.

Bersihkan Hp Secara Teratur

Sebagaimana layaknya benda lain, ponsel pun gampang terkena debu. 

Baik daerah layar atau bagian-bagian yang lain Debu yang menempel ini bisa memicu panas berlebih hingga ponsel lebih gampang rusak. Sebisa mungkin selalu menggunakan lap microfiber saat membersihkanyaagar lebih maksimal. Lebih baik menghindari tisu sebab serat yangada rawan tertinggal pada ponsel.

Gunakan Case Hp Sebagai Cara Merawat Hp Agar Awet

Langkah selanjutnya adalah mengenakan case pada handphone Anda. Meski nampak tidak begitu penting, sebenarnya case hp ini dapat melindungi handphone Anda dari benturan parah saat terjatuh. 


Jadi benturan yang terjadi tidak akan menyebabkan layar sentuh hp menjadi retak atau bahkan pecah.

Tampilan case hp kini semakin beragam desain dan warnanya, jadi bisa memilih sesuai keinginan Anda. Namun case originaldari brandyang asli juga memiliki keuntungan lain, yakni dapat meredam panas ponsel tersebut sekaligus lebih pas. Namun bila ingin memiliki case yang lucu, Anda harus memastikan dulu ukurannya apakah sudah sesuai.

Segera Lepas Dari Changer Bila Telah Penuh

Cara merawat hp agar awet berikutnya adalah dengan segera mencabut changer begitu baterai telah terisi penuh. Terkadang ada orang yang memutuskan untuk mengisi daya baterai pada malam hari dan membiarkannya terisi sampai penuh hingga esok hari. Kebiasaan ini dapat menyebabkan baterai cepat rusak dan merusak kinerja ponsel.


Biasa kan untuk segera mencabut bila baterai telah terisi hingga 100%. Selain untuk menjaga baterai agar tidak rusak, ini juga agar ponsel tidak terlalu panas. Kebiasaan sederhana ini bila dilangsungkan secara terus menerus dapat membuat ponsel tahan lama. Matikan pula hp saat melakukan pengisian agar baterai dapat terisi dengan maksimal.

Jangan Menggunakan Handphone Saat Sedang Mengisi Daya

Salah satu kebiasaan buruk pengguna ponsel adalah tetap memakainya meski sedang diisi baterainya. Terkadang membuka media sosial atau bermain game seraya menunggu baterai penuh agar tidak merasa bosan. Namun tahukah Anda, kebiasaan ini dapat memicu kerusakan pada hp secara lebih cepat?

Bermain game saat sedang mengisi baterai akan membuat baterai lebih cepat panas bahkan menggelembung. Hal ini terjadi karena daya baterai dikuras sampai maksimal tanpa jeda sama sekali. Jadi mulai sekarang berhenti menggunakan ponsel saat mengisi daya merupakan cara merawat hp agar awet.

Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Umumnya handphone tipe android memiliki daya ruang yang terbatas, bila kepenuhan maka aplikasinya akan berjalan lambat. Ini terjadi karena beberapa aplikasi yang memakan ruang cukup besar, sehingga kinerjanya lebih lambat. Jadi Anda harus lebih rajin memeriksa atau menghapus aplikasi yang tidak terpakai.Gunakan aplikasi secukupnya dan sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan Pelindung Layar

Menggunakan pelindung layar akan menjaga layar sentuh agar tetap aman dari gesekan atau goresan yang mungkin terjadi. Seaain resiko tergores oleh kuku saat menggunakannya, bisa juga terjadi benturan dalam tas penyimpanan hp. Karena itu lebih baik menggunakan lindung layar agar lebih tahan lama.

Demikian 7 cara merawat hp agar awet dan aman dipakai hingga beberapa tahun lamanya. Meski nampak sederhana namun ketujuh cara diatas terbukti mampu melindungi handphone Anda. Cara pemakaian dan perawatan sangat berpengaruh pada daya tahan ponsel sendiri. Yuk cerdas memakai smartphone. 

No comments for "Cara Merawat Hp Agar Awet Dan Tahan Lama"