Widget HTML Atas

Cara Tambah Hardisk Mudah Pada Komputer

 Bila ruang penyimpanan utama pada komputer sudah terasa tidak mencukupi lagi, maka bisa ditambahkan hardisk baru. Dan penambahannya tidak terlalu rumit, karena semua jenis komputer memang mendukung untuk ini. Yang penting Anda telah mengetahui cara pasangnya.

Tapi bagi Anda yang masih belum tahu, sebaiknya pelajari dulu. Agar proses penambahan tidak berakibat merusak fungsi komputer yang lain. Ada dua teknologi hardisk yang harus diketahui dulu sebelum memasangnya. Yakni IDE yang merupakan teknologi lawas serta SATA yang menjadi teknologi terbaru saat ini.



Untuk cara tambah hardisk baru yang menggunakan model IDE memiliki perbedaan dengan pada SATA. IDE memiliki dua macam jenis jumper yakni IDE master dan IDE slave. Pada IDE master settingan yang tersedia khusus untuk hardisk utama. Sedang pada IDE slave bisa ditambahkan hardisk cadangan.

Hardisk adalah aplikasi penyimpanan data yang akan tersimpan selamanya meski perangkat komputer mati atau rusak. Berbeda dengan RAM yang meski memiliki fungsi yang sama, tapi hanya sebagai penyimpanan sementara. Apabila komputer dimatikan, maka data yang tersimpan akan ikut terhapus.

Hardisk model lawas memiliki bentuk berupa cakram magnetis berbentuk piringan. Kapasitas cakram ini beragam, mulai dari 250GB hingga 1TB. Namun kini cara tambah hardisk juga semakin maju, mengikuti perkembangan zaman. Sekarang ada SSD yang mirip dengan tampilan memory card. Model ini lebih mudah digunakan dalam menyimpan data.

Perbedaan jumlah pada motherboard akan menentukan hardisk atau perangkat lain yang digunakan. Apabila menginginkan beberapa hardisk maka belilah motherboard yang sesuai, bukan yang memiliki satu atau dua slot saja. Namun secara garis besarnya, pemasangan hardisk ini cukup gampang.


Cara Tambah Hardisk IDE

Karena hardisk memiliki dua model, jadi artikel kali ini akan membahas kedua cara tambah hardisk tersebut. Baik menggunakan IDE maupun yang menggunakan SATA. Hanya perlu sedikit ketelitian saat pemasangan agar tidak terjadi masalah lanjutan. 

Berikut Cara Pemasangan

Matikan Komputer 

Sebelum memulai pemasangan, komputer sudah harus dalam keadaan mati total. Kabel power juga harus dipastikan tidak tersambung lagi agar tidak terjadi kendala. Connector sudah terpasang sesuai pada letaknya di hardisk. Jangan dipaksakan dalam keadaan berjejalan dan pin sudah tersusun tepat pada lubang kabel penghubung.

Masukkan Hardisk

Langkah selanjutnya sebagai cara tambah hardisk adalah segera memasukkan cakram tersebut ke rak di casing komputer. Bagian cakram harus menghadap ke bawah dan tepat dengan lubang yang tersedia pada hardisk. Lubang itu berfungsi sebagai kunci agar kokoh serta tidak berubah posisi. Ini berlaku pada pada casing dengan baut maupun yang menggunakan baut.

Setelah hardisk terletak pada tempat yang seharusnya, kunci bagian samping. Masukkan kabel connector yang belum terpasang dari hardisk ke motherboard. Kemudian sambungan kabel molex ke PSU. Apabila telah terpasang dengan benar segera nyalakan komputer untuk mengetahui apakah perangkat itu telah terbaca.


Tambah Hardisk SATA

Pemasangan hardisk baru menggunakan model SATA hampir sama dengan IDE. Sebab yang membedakan hanya slot dan kabel konektornya saja, tidak ada tambahan lain. Berikut ini adalah step demi step yang harus dilakukan sebagai cara tambah hardisk baru. Simak penjelasan berikut.

Buka casing komputer

Semua kabel listrik yang terhubung harus dilepas terlebih dulu sebelum memulai pemasangan. Arus listrik yang masih tersambung akan membahayakan perangkat komputer atau orang yang melakukan pemasangan. Setelah itu buka casing komputer untuk mencari lokasi hardisk yang ada.

Pemasangan Sebagai Cara Tambah hardisk 

Lakukan pemasangan hardisk agar tepat pada tempatnya. Pastikan semua baut terpasang erat sehingga tidak goyah lagi. Cakram hardisk menghadap ke bagian bawah, sesuai dengan lubang yang berada pada tempat pemasangan di komputer. Lubang ini juga berfungsi sebagai penguat kunci. Bila ragu, periksa ulang agar benar-benar tepat. 


Pasang Kabel SATA

Langkah ketiga adalah menyambungkan kabel SATA 2. SATA 2 berfungsi sebagai connector hardisk tambahan bukan penyimpan OS. Sedang kabel SATA 1 bertujuan sebagai connector master atau hardisk utama. Setelah itu sambungkan kabel power, kabel ini terdari dari dua jenis namun tidak ada panduan khusus pemasangan. Karena memiliki spesifikasi dan bentuk yang berbeda.

Jumper

Setelah kabel beres dipasang pada tempatnya kemudian cek jumper hardisk. Pada IDE biasanya ada petunjuk yang memberikan arahan apakah ini slave atau master. Pilih pemasangan untuk jumper slave sebab fungsinya sebagai hardisk tambahan. Bukan sebagai penyimpan data utama.


Nyalakan Komputer

Setelah itu hidupkan komputer untuk memeriksa apakah pemasangan hardisk telah benar. Jika nama hardisk yang baru telah muncul beserta nomor serinya maka settingan pada prioritas secondary slave. Bila sudah terpasang tunggu hingga proses insialisasi selesai semua. Kemudian format hardisk. 

Demikian langkah yang harus dilakukan dalam cara tambah hardisk baru dengan menggunakan IDE dan SATA. Meski berbeda tipe tapi sebenarnya masih memiliki sedikit perbedaan. Semoga penjelasan ini dapat membantu ketika Anda ingin menambah hardisk untuk komputer. 

No comments for "Cara Tambah Hardisk Mudah Pada Komputer"